HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Terapkan Sistem Zona, Sejumlah SMA Di Kota Kediri Kekurangan Siswa

 

Kepala Sekolah SMA N 2 Kediri Saat Beri Keterangan Pers Pada Wartawan

 

Andhika

Kediri- Semenjak tingkat SMA diambil alih kepengurusannya oleh Propinsi Jawa Timur, dan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri menggunakan sistem Zona, sejumlah Sekolah di Kota Kediri kekurangan siswa pendaftar (peminat).

Seperti yang dialami oleh 5 Sekolah, yaitu SMA 2, SMA 7, SMA 5, SMA 4, SMA 6, masing masing kekurangan peminat pelajar, paska PPDB SMA menggunakan Zona, sistem Zona merupakan memilih Sekolah sesuai dengan zona yang disediakan.

Seperti yang diungkapkan Alan Salahudin, warga Kabupaten Kediri yang kebetulan putranya diterima di SMA 2, yaitu SMA Favorit menurut Alan sistem Zona yang diterapkan masih kurang dalam hal analisa, terutama akan analisa wilayah letak geografis sekolah dan masyarakat, terbukti begitu sistem zona diberlakukan banyak siswa yang Nun nya baik justru takut masuk sekolah favorit dan sebaliknya ada yang Nun nya kurang bagus justru diterima di Sekolah Favorit, belum lagi seperti saat ini ada sekolah yang kurang siswa dan harus ada tahap 2 Pendaftaran.

” Saya kurang setuju dengan sistem zona ini karena terkesan dipaksakan dan tidak cocok untuk Kota Kediri, karena letak geografisnya, beda dengan Surabaya atau Jakarta” ucap Alan. Selasa, (11/07/2017).

Terpisah M Thohir Kepala sekolah favorit SMAN 2 kota Kediri, tidak mengelak jika dengan adanya sistem Zona ini membuat pihak SMA N 2 Kediri harus kekurangan siswa, jika biasanya pihaknya yang menolak pendaftar karena terlalu banyak dan tidak memenuhi standar NUN, kini justru SMA N 2 harus kekurangan siswa, dan terpaksa dilakukan PPDB tahap 2 dengan tanpa menggunakan sistem Zona maupun Asal sekolah SMP.

“Dalam sejarah yaa baru kali ini SMAN 2 Kediri kekurangan siswa dan peminat, serta menerima Nun yang bisa dibilang jauh dibawah rata rata, namun bagi saya ini tantangan, semoga SMA 2 dapat tetap menjaga kualitas penididikan siswa nantinya”. ucap Tohir, yang ditemui di Jl. Veteran 7 Kediri SMA N 2 Kediri.

Untuk diketahui pada saat ini kekurangan siswa.terjadi di Sekolahan yang Kurang murid
SMA 2 = 305 – 280 = 25
SMA 7 = 344 – 322 = 12
SMA 5 = 313 – 252 = 61
SMA 4 = 275 – 162 = 113
SMA 6 = 364 – 150 = 214.

Suasana Daftat Ulang Di Sekolah

 

Sedangkan menurut Yazid Bastomi, Koordinator PPDB Sma Dinas CabDin Kediri, mengaku ada 5 sekolah yg kekurangan murid, dan guna mengatisipasi hal tersebut, dibukanya jalur pndftran online tahap 2, Yang telah dimulai sejak tanggal 10 dan 11 Juli 2017, dimana
ditahap 2 tidak ada batasan zonasi, rayon, yang ada hanya berdasarjan NUN.

“Ada tahap 2, yang mana itu tidak menggunakan NUN, Zona atau rayon, murni menggunakan NUN siswa” jelas Yazid.

Sistem Zona sendiri merupakan sistem PPDB SMA yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa timur yang berdasar pada lokasi tempat tinggal siswa atau asal dengan lokasi Sekolah, siswa dipersilahkan memilih 2 Sekolah, 1 SMA berada di dekat lokasi tinggal (1 Kecamatan) dan 1 SMA berada di lokasi yang diluar Kecamatan atau luar wilayah siswa tinggal.