HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Puluhan Hektar Lahan Petani Diserbu Hama Wereng  

 

 

Puluhan Hektar Lahan Petani Diserbu Hama Wereng #Foto Khoirul Anam

 

 

Jumat 31 Maret 2017

 Khoirul Anam

 

Tulungagung- Sejak beberapa pekan terakhir, petani di Tulungagung di resahkan dengan serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi mereka. ancaman gagal panen pun, menghantui para petani. Untuk meminimalisir dampak serangan wereng, petani membasminya dengan menyemprotkan cairan pestisida.

Serangan hama wereng di lahan pertanian di Desa Bono Kecamatan Boyolangu, dan Kelurahan Tamanan Tulungagung ini, terjadi sejak sekitar dua pekan terakhir Hama wereng dengan cepat menyebar, menyerang tanaman padi yang rata-rata masih berumur satu bulan. serangan hama wereng mengakibatkan sebagian tanaman padi rusak, mengering dan mati.

 

Puluhan Hektar Lahan Petani Diserbu Hama Wereng

Serangan hama wereng kali ini merupakan serangan terparah, dalam beberapa musim tanam padi terakhir, terdapat tiga jenis wereng yang menyerang, yakni wereng hijau, wereng coklat dan wereng putih. hama wereng ini menyerang bagian batang tanaman padi, hingga tanaman mengering dan mati, ancaman gagal panen pun kini menghantui para petani.

Menurut petani, serangan hama wereng ini di pengaruhi faktor cuaca, musim kemarau basah yang terjadi pada tahun ini, membuat perkembangan hama wereng begitu pesat, dan juga aktivitas tanam padi sepanjang tahun. dimana tanaman padi kali ini merupakan tanam padi ketiga, yang dilakukan petani tanpa jeda. hal tersebut berdampak pada tidak terputusnya rantai perkembangan hama.

Untuk meminimalisir dampak serangan, yang bisa mengakibatkan gagal panen, petani membasmi hama wereng dengan menyemprot tanaman padi menggunakan cairan petisida. meskipun begitu tidak semua hama wereng dapat musnah,penyemprotan pestisida yang dilakukan tidak serempak, hanya membuat sebagian hama wereng,  berpindah dari lahan padi satu ke lahan yang lain.