HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

PKS Kediri Gelar Lomba Ngaji Kitab Kuning

Lomba Baca Kitab Kuning PKS Kediri

Andhika Dwi

Kediri- Kendati matahari masih enggan menunjukkan sinarnya, belasan pemuda berpeci dan mengenakan sarung telah duduk sambil memegang sebuah kitab berwarna kuning dengan tulisan arab tanpa tanda baca “gundul” dan membacanya di sebuah rumah sederhana di bilangan Corekan, Kelurahan Kaliombo, Kota Kediri.

Mereka sedang berlatih dan mengikuti Lomba Baca Kitab Kuning yang diselenggarakan oleh Partai Keadilan Sejahtera Daerah Dakwah 6 Kota Kediri. Lomba yang terbilang cukup jarang dan unik digelar oleh pihak diluar Pondok Pesantren ini cukup menarik, karena diikuti oleh sejumlah santri dari Ponpes dan umum serta diluar dari anggota atau simpatisan partai.

Menurut Moch. Herma Musyanto, selaku Kepala Bidang Pembangunan Keumatan DPW PKS Jawa Timur, kegiatan Lomba Mengaji Kitab Kuning ini diharpakan menjadi stimulan dan titik balik sejarah Islam, dimana Membaca Kitab Kuning adalah tradisi umat Islam yang mulai tidak banyak diminati. Sehingga, melalui lomba ini, kami ingin menjadi fasilitator yang ingin kembali menghidupkan kebiasaan mengaji Kitab Kuning. “Sebagai Partai Dakwah, tidak semata mata politik, namun dengan politik ini peran keilmuan terutama melalui lomba baca kitab kuning ini kami bisa mempengaruhi cara hidup masyarakat lebih baik” ucap Herma Kepada Kstv.co.id Sabtu, (10/06/2017).

 

Peserta Lomba Baca Kitab Kuning PKS Kediri

Sedangkan bagi sejumlah peserta lomba, mengaji Kitab Kuning ini bisa dibilang cukup menarik karena selain sebagai menambah pengalaman juga bisa mengasah kemampuan membaca Kitab dan pemahaman Kitab Kuning terutama sebagai ladang mencari berkah dan amal ibadah di bulan suci
Ramadhan.

“Moment ini bisa menjadi ajang berlatih dan menimba ilmu membaca Kitab Kuning terutama di bulan suci Ramadhan, meskipun ini pertama kali bagi saya sehingga grogi tadi” ucap Zein, salah seorang peserta lomba dan santri asal Kediri.

Nantinya pemenang lomba baca Kitab Kuning Asal Daerah Dakwah 6 Kediri ini akan dikirim mewakili untuk mengikuti lomba di Propinsi Jawa Timur 16 Juni Mendatang dan selanjutnya akan meningkat hingga Nasional di Jakarta.