HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Persik Imbangi PSIS di Jatidiri

Semarang, kstv.co.id – Tuan rumah PSIS Semarang gagal meraih angka penuh setelah bermain imbang 1-1 (0-0) melawan Persik Kediri pada leg pertama babak ketiga Piala Indonesia di Stadion Jatidiri Semarang, Rabu petang.

Dengan hasil ini maka tim asuhan pelatih Joko Malis (Persik) tinggal memerlukan hasil imbang, misalnya 0-0, melawan PSIS pada leg kedua di Kediri pekan depan, sedangkan PSIS harus memenangkan pertandingan minimal dengan 2-0 untuk bisa lolos ke babak berikutnya Piala Indonesia.

Pada pekan depan, selain bertanding di Piala Indonesia kedua tim juga terlibat adu di lapangan pada kompetisi sepak bola Divisi Utama Grup II putaran kedua sehingga di Kediri mendatang kedua tim akan main dua kali pertandingan.

Pertandingan antara kedua kesebelasan yang disaksikan sekitar 2.500 penonton tersebut berlangsung dalam temppo yang lamban terutama babak pertama, bahkan terlihat tuan rumah kesulitan untuk menembus pertahanan Persik Kediri yang dikoordinasikan oleh kapten tim M Fatchul.

Sebaliknya tim berjuluk Macan Putih juga kesulitan untuk menembus pertahanan PSIS Semarang bahkan saat melakukan penyerangan, pemainnnya sering masuk perangkap jebakan off side yang dipasang pemain belakang PSIS sehingga pada babak pertama ini tidak tercipta gola baik oleh tuan rumah maupun tim tamu.

Pada babak kedua, kedua tim mulai memainkan bola-bola cepat dan berusaha menembus lini pertahanan lawan.

PSIS mendapat peluang pada awal babak kedua memalui sundulan kepala pemain asal Korea setelah menerima umpan silang dari rekannya Feri Liga tetapi tepat jatuh dipelukan kiper Persik Dwi Kuswanto.

Tuan rumah mencetak gol terlebih dulu melalui tendangan Steven Anderson pada menit ke-69 setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Persik Kediri. Bola mental itu langsung disambut dengan umpan tarik oleh Feri Liga dan langsung disambar Steven Anderson tanpa bisa diantisipasi kiper dan pemain belakang Persik.

Setelah tertinggal satu gol tersebut, Persik berusaha keras untuk menekan pertahanan PSIS dan mereka mendapaty peluang ketika pemain depan Oliver Makor tinggal berhadapan dengan kiper I Komang Putra tetapi tendangannya mampu diblok kiper senior PSIS tersebut.

Persik berhasil menyamakan kedududan menjadi 1-0 melalui gol yang dicetak Oliver Makor pada menit ke-85 setelah pemainnya Agus Susanto lolos dari jebakan off side dan membawa bola untuk berhadapan dengan kiper PSIS.

Bola tersebut tidak langsung ditendang sendiri tetapi justru diumpankan kepada Makor dan langsung disambut dengan tendangan ke gawang PSIS yang kosong karena Komang berdiri agak jauh (saat mencegat Agus Susanto).

Sampai pertandingan usai kedudukan tetap 1-1 dan wasit Untung Suhendra yang memimpin pertandingan ini mengeluarkan kartu kuning untuk Feri Liga (PSIS).

Pelatih Persik Kediri Joko Malis mengatakan, dirinya memang menginstruksikan pemainnya agar menurunkan tempo permainan dan lebih banyak mengandalkan serangan balik mengingat tiga pemainnya tidak bisa dimainkan pada pertandingan ini.

“Target kita meraih satu angka terpenuhi dan pada leg kedua di Persik mendatang kita akan bermain lebih agresif untuk meraih kemenangan supaya bisa lolos ke babak selanjutnya,” kata mantan pesepak bola klub Galatama Niac Mitra Surabaya tersebut.

Sementara itu Manajer Tim PSIS, Daniel Toto Indiono mengatakan, ini merupakan hasil maksimal yang dicapai anak-anak dalam kondisi tim seperti ini. “Kita bisa menerima hasil ini dan saya tetap mengucapkan terima kasih karena anak-anak telah berjuang maksimal meskipun kita kedodoran selama 90 menit,” katanya.

Soal pelatih baru PSIS, Gusnul Yakin yang tidak bisa duduk di bangku cadangan pemain, dia mengatakan, kemungkinan sulit mendaftarkan Gusnul Yakin karena waktunya yang sudah mepet. “Mungkin memang seperti itu karena waktunya sudah sangat mepet,” katanya. (ant)


Tags: ,