HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Lomba Bersihkan Sungai, Berhadiah Hewan Ternak

 

Lomba Bersih Sungai Berhadiah Hewan Ternak**Foto Istimewa

Andeck

Kediri- Sedih dan kecewa melihat kondisi sungai yang kotor, seorang kepala desa di Kabupaten Kediri menggelar lomba bersihkan sungai berhadiah hewan ternak, Kambing, Ayam,

Adalah Kepala Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Agus Joko Susilo(40), Minggu ,(4/2/2018) menggelar lomba bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) Serinjing yang ada diwilayah desanya.

Joko, sapaan akrab kepala desa yang biasa melakukan inovasi terhadap desanya itu mengaku sedih dan khawatir melihat kondisi sungai Serinjing yang mulai penuh dengan sampah, baik itu sampah yang dibuang semvrangan oleh warganya, maupun sampah yang mengalir dari desa sekitar Kecamatan Kayen Kidul.

Berawal dari inilah, akhirnya dia melakukan inovasi menggelar lomba bersih sungai dengan hadiah hewan ternak, Kambing, Ayam, Bebek maupun Mentok. Warga yang paling banyak mendapatkan sampah akan memenangkan lomba ini.

“Ini semua warga desa saya, mereka saya ajak mengikuti lomba membersihkan sungai dengan cara kerja bakti, barang siapa nanti mengumpulkan sampah paling banyak, akan memenangkan hadiah hewan ternak dengan jarak radius 3 Km,” jelas Joko kepada Kstv.co.id Minggu,(4/2/2018), sembari ikut melakukan kerja bakti di bibir sungai.

Sungai Serinjing sendiri merupakan sungai yang baru baru ini diresmikan Masykuri, selaku Wakil Bupati Kabupaten Kediri menjadi salah satu lokasi wisata Tubing, dengan nama Tubing Niagara. Menyusuri sungai dengan cara menaiki ban dalam truk, sembari menyusiri pemandangan alam desa melalui sungai Serinjing.

Nantinya lomba bersih sungai ini akan ada beberapa juara. Juara 1 akan mendapatkan seekor Kambing, Juara 2 mendapatkan Ayam, Juara 3 Mendapatkan Bebek, Juara 4 dan 5 mendapatkan Mentog.

Warga Bersihkan Sungai Serinjing** Foto Istimewa

Ketua RT 1 RW 11, Dedi Purnomo, salah satu pesrta lomba mengakui jika kegiatan semacam ini sangat inovatif dan berbeda dengan lainnya. Sebenarnya cukup dengan kerja bakti membersihkan sungai itu cukup bagi warga. Karena keuntungannya kembali pada warga sekitar sungai.

Tapi ini dikemas dengan lomba dan hadiah hewan ternak, semakin membuat warga baik anak, orang tua antusias membersihkan sungai dari sampah dengan membawa karung.