HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Lima Pemain ISL Menyatakan Siap Gabung Tim Nasional

Manajer tim nasional Indonesia, Ramadhan Pohan, mengatakan, lima pemain dari klub Indonesia Super League (ISL) telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam pemusatan latihan di Yogyakarta. Namun, Ramadhan masih merahasiakan nama-nama pemain tersebut.

Pemusatan latihan di Yogyakarta adalah bagian dari persiapan tim yang diasuh Nil Maizar untuk mengikuti turnamen Al-Nakbah di Palestina pada 13-23 Mei mendatang. Sebelumnya PSSI telah memanggil 15 pemain ISL untuk ikut bergabung dalam pelatnas. Namun, tidak ada satu pun pemain ISL datang ke pelatnas yang berlangsung sejak bergulir 19 April lalu.

“Kisarannya sekitar lima pemain. Memang masih belum afdol karena pemain ISL belum bergabung. Baru 18 pemain yang bergabung. Saya harapkan 15 pemain ISL bisa bergabung nanti,” kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (27/4/2012).

Pria yang menjabat Wakil Sekjen Partai Demokrat itu juga berjanji akan menempuh cara apa pun, termasuk bertemu dengan Aburizal Bakrie dan Nirwan Dermawan Bakrie, agar pemain ISL bergabung dengan timnas. “Seharusnya kalau sudah dipanggil untuk membela bangsa, tidak perlu ada negosiasi dan lobi. Tapi saya siap melakukan cara tersebut karena, dengan adanya pemain ISL, pelatih jadi leluasa memilih pemain. Saya juga mengimbau untuk legowo untuk mengizinkan pemain bergabung dengan timnas karena ini demi kepentingan bangsa,” kata Ramadhan.

Setelah resmi menjabat posisi manajer timnas, Senin (23/4/2012), Ramadhan langsung fokus memantau kegiatan timnas di Yogyakarta. Menurutnya, pelatnas timnas masih dengan sistem buka-tutup mengingat kompetisi belum berakhir. Pelatnas akan berjalan penuh pada bulan depan.

“Timnas sudah komplet diurusi tim kepelatihan. Saya sebagai manajer memotivasi karena banyak pemain yang baru pertama kali membela timnas. Saya juga minta pemain jangan pernah merasakan rendah diri dan tidak berdaya,” ujarnya.

Ramadhan berpesan kepada para pemain untuk tetap bersemangat meski prestasi sepak bola Indonesia sedang terpuruk. Ia meminta peristiwa kekalahan timnas dari Bahrain pada prakualifikasi Piala Dunia 2014 tidak menjadi beban. (kompas)


Tags: ,