HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Juice Belimbing

Tulungagung, kstv.co.id – Selain enak dimakan secara langsung, buah belimbing ternyata bisa dijadikan berbagai olahan makanan dan minuman segar. Seperti yang dilakukan oleh Mulyono, petani sukses asal Tulungagung yang merubah ladangnya menjadi agro wisata. Tidak puas dengan hanya menjual buah belimbing segar saja dengan cara apa adanya, Mulyono pun mengubah buah belimbing menjadi minuman kemasan yang mampu bertahan hingga tiga bulan.

Dengan hanya berbekal alat yang cukup sederhana, Mulyono terus berusaha kreatif agar buah belimbing tanamannya bisa bersaing di pasaran. Memiliki lahan sekitar 8 hektar penuh dengan buah belimbing, Mulyono tidak hanya sekedar membuat agrowisata dan menjual buahnya saja. Kini ia mulai membuat minuman kemasan juice yang bahan baku utama dari buah belimbing. Juice kemasan yang mampu bertahan hingga tiga bulan inilah nanti akan menjadi produk unggulan Mulyono.

Namun untuk sementara ini Mulyono masih membatasi produksi minuman kemasan. Setiap tiga ton buah belimbing yang ia panen, Mulyono hanya menyisihkan sekitar lima persennya untuk produksi minuman kemasan. Hal ini lebih disebabkan masih kurang maksimalnya pemasaran minuman kemasan, sehingga Mulyono lebih dominan menjual buah segar untuk pengunjung agrowisata dan menjual ke supermarket.

Untuk membuat minuman kemasan belimbing cukup sederhana, yakni langkah pertama buah belimbing yang masih segar terlebih dahulu dicuci secara bersih. Setelah itu dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian potongan belimbing itu dimasukan ke dalam mesin penghalus. Setelah itu air dari buah belimbing direbus hingga mendidih. Usai direbus, air belimbing tadi disaring menggunakan saringan tujuh lapis. Setelah dipastikan bersih, air belimbing dimasukan ke dalam panic pengatur air untuk dikemas dan diberi label.

Mulyono yakin jika minuman juice belimbing produksinya ini kelak menjadi minuman favorit masyarakat. Alasannya, selain memiliki rasa manis bercampur segar, buah belimbing diyakini bisa menurunkan tensi darah. Selain minuman kemasan, Mulyono juga memanfaatkan buah belimbingnya untuk dijadikan juice segar dan rujak buah bagi pengunjung agrowisata miliknya.(a6/hyd)


Tags: ,