HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Jembatan Lama Kota Kediri Terbakar, Arus Lalin Tersendat

 

Andhika

Kediri- Jembatan lama Kota Kediri yang menghubungkan antara Jalan Yos Sudarso, Jalan Brawijaya (Timur) dan KDP Slamet (Barat) Kota Kediri terbakar. Membuat arus lalu lintas antara Kota Kediri bagian barat dan timur sedikit tersendat.

Api membakar trotoar jembatan yang terdiri dari bagian kayu serta aspal jalan, ditambah dengan kencangnya hembusan angin membuat api semakin cepat merambat serta sukar dipadamkan.

Awalnya, sejumlah pejalan kaki yang melalui trotoar melihat asap muncul dari bagian bawah trotoar jembatan sejak pukul 12.00 Wib. Karena lokasi jembatan dekat dengan Mapolres Kediri, petugas jaga langsung menghubungi PMK dan Dinas Pekerjaan umum untuk melakukan pemadaman.

Menurut Sunarto selaku Kasie Pembangunan Dan Rehabilitasi Dinas Pekerjaan Umum Kota Kediri. Kebakaran jembatan lama ini memang bukan yang pertama, sebelumnya juga pernah terjadi, namun tidak separah ini. Kendati api tak terlihat, namun bara dan asapnya membuat separuh pondasi jembatan harus dibongkar guna proses pemadaman dan pembasahan. “Memang api sudah tidak nampak, tapi kayu pondasi dibawah jembatan sudah hangus dan berbahaya bagi pengguna jalan” ucap Sunarto. Rabu. (12/07/2017).

Terkait penyebab kebakaran, petugas masih melakukan pnyelidikan, namun sebelumnya kebakaran yang menimpa jembatan lama disebabkan karena putung rokok pengguna jalan. “Kalau penyebabnya belum tahu mas, tapi sebelumnya kebakaran jembatan ini karena pengguna jalan membuang putung rokok di dekat trotoar” ucap Ipda Wahyu, selaku Kanit Pamobvit Sabhara Polres Kediri Kota.

Berdasar pantauan detik.com dilapangan di Kota Kediri ada 3 Jembatan yang menghubungkan antara Kota Kediri bagian Timur dan Barat, namun Jembatan yang dikenal dengan Jembatan Lama inilah yang sering digunakan oleh warga sehari harinya untuk melakukan aktifitasnya.

Bahkan Jembatan Lama merupakan pertama di pulau jawa yang menggunakan Kontruksi Besi Baja yang pertama. Berdiri sejak Tahun 1869 silam.