HUT 10 Tahun KSTV 2017 Sparkling Specta HUT10 KSTV
 
|

Antisipasi Penyelewengan, PMD Gelar Rakor Percepatan Realisasi Dana Desa

Antisipasi Penyelewengan, PMD Gelar Rakor Percepatan Realisasi Dana Desa #foto Yudhistira

 

 

 

 

 

Jumat, 31 Maret 2017
Yudhistira

Blitar-Adanya pengalaman kendala dan masalah terkait, penggunaan anggaran add dan dana desa tahun 2016 lalu, dinas pemberdayaan masyarakat desa Kabupaten Blitar, menggelar rapat bersama koordinasi percepatan realisasi dana desa dengan camat dan Kasie PMD di kecamatan. di harapkan dari kegiatan ini, penerapan aplikasi sistim keuangan desa berbasis online tahun 2017 ini dapat mewujudkan pengelolaan anggaran ADD dan dana desa secara transparan dengan tepat sasaran dan Accountable.

Bertempat di ruang perdana eks kantor pemerintah Kabupaten Blitar, di gelar rapat bersama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dengan Kepala Kecamatan dan kasie PMD. dalam rapat tersebut di laksanakan dua agenda yakni, tindak lanjut percepatan pelaksanaan pembangunan di desa melalui dana desa dan ADD dan rancangan peraturan Bupati tentang penghasilan tetap Kepala desa dan Perangkat desa.

Dii pimpin langsung oleh Mujianto kepala dinas PMD dengan di damping Agus santosa sekretaris dinas dan Setyono Kabid Pembangunan Desa. kegiatan ini, merupakan tindak lanjut evaluasi pengalaman penggunaan ADD dan dana desa pada tahun 2016 yang lalu. Pasalnya, dalam pelaksanaanya masih terjadi kendala serta masalah dalam pengelolaan dana desa.

Untuk itu, tahun 2017 ini, Pemerintah Kabupaten Blitar berencana akan menerapkan aplikasi sistem keuangan desa (siskudes) berbasis online. Produk yang di buat oleh Bpkp ini, di rekomendasikan oleh KPK secara nasional untuk di pakai dalam penggunaan anggaran alokasi dana desa dan dana desa, yang di gadang-gadang dapat mewujudkan pengelolaan anggaran add dan dana desa secara transparan, tepat sasaran dan akuntable.

“Rapat koordinasi percepatan realisasi alokasi dana desa dan dana desa ini, sangat perlu di lakukan, hal ini sebagai langkah upaya preventif dari dinas pemberdayaan masyarakat desa Kabupaten Blitar, dalam menyambut pelaksanaan ADD dan dana desa agar nantinya tidak terjadi kesalahan dan manfaatnya bisa tepat sasaran” Ucap Mujianto selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab Blitar kepada Warta 6, Kstv.co.id. Kamis,(30/03/2017).